Sejarah Berdirinya Pesantren Darussalam IV Di Dusun Sidomulyo Nagori Kasindir

ks1Sebuah Kronologis

Nagori Kasindir khususnya Dusun Sidomulyo merupakan sebuah desa yang masyarakatnya tergolong cukup baik dan kondusif. Penduduknya hidup penuh kreatif berciri khas sebagaimana layaknya RAJINNYA penduduk di Pedesaan. Angin segar, hawa sejuk selalu berhembus stiap waktu mengiringi ketentraman desa tersebut.

Di Dusun ini saat ini telah terbentuk suatu organisasi Jamaah Majelis Taklim, Forum Silaturahmi dan Katakanlah Sekolah Formal tambahan dengan nama MDA Darusalam IV.

Awal mula terbentuknya semuanya itu adalah bermula dari sebuah keinginan dan rasa hati yang dalam dari hati sebagian masyarakat setempat untuk menghidupkan suasana pengajian/Majelis Taklim khususnya dalam bidang Fiqh, Akhlaq dan Tauhid serta semua Fan dalam bidang agama pada umumnya. Dan juga memandang karena sudah berpuluh tahun di dusun tersebut belum ada suatu wadah untuk belajar khusus mendalami ilmu agama setingkat MDA atau lainnya. Akhirnya dengan segala upaya dan perjuangan yang berawal dari suatu pengajian ke rumah-rumah warga kaum muslimin, Alhamdulillah pada tahun 2011 dengan kesepakatan Musyawarah terbentuklah Badan Panitia Majelis Taklim dan Pembangunan sebuah Aula atau Qobilah diatas sebidang tanah milik pengasuh.

Kini bangunan Aula yang berukuran 6m x 7m permanen itu sudah terbangun walau dalam bentuk yang sederhana. Diruang itu pulalah sekarang anak-anak kampung/masyarakat ksindir hilir mudik untuk belajar agama pada setiap harinya. Demikian pula Majelis Taklim yang selama 4 tahun berjalan juga sudah beraktifitas di bangunan tersebut. Berhubung masyarakat yang belajar ke Aula/Qobilah sudah semakin ramai, tentunya bangunan yang ada itupun sudah tidak memadai lagi, akhirnya secara bertahap saat ini sedang diupayakan untuk membangun beberapa ruang lagi ke depannya yang Insha Allah akan berjenjang menjadi sebuah Lembaga Pendidikan setaraf MA, HAD/Pesantren yang layak. Sekali lagi, ditempat inilah belajar mengajar agama berlangsung baik MDA nya, Majeleis Taklim maupun Forum Musyawarah dan Silaturahminya.

Dibawah ini adalah beberapa kegiatan dan situasi proses Belajar-Mengajar di Pesantren Darussalam IV di Dusun Sidomulyo Nagori Kasindir, Kabupaten Simalungun :

Kami selalu bermohon Kepada Allah SWT agar kiranya Program Belajar dan mengajar di Pesantren Darussalam IV Dusun Sidomulyo Nagori Kasindir terus berjalan dan berkembang. Kami sadari bahwa kami sangat Dhoif, Oleh karena itu kami berharap kepada semua Pihak, baik itu Instansi Pemerintah, Swasta, Kaum Muslimin dan muslimat agar kiranya dapat mengulurkan tangan membantu Program pembangunan ini demi mewujudkan segala cita-cita dan harapan yang baik di kemudian hari.

Kepada para Ulama, Para Kyai, Para Asaatidz, Para Santri, Para Da’i – da’i dan Tokoh-tokoh Agama kami sangat mengharapkan do’anya agar semuanya bisa berjalan dengan lancar adanya sesuai dengan harapan kita bersama. Semoga Allah SWT menggolongkan Kita Semua sebagai Kaum yang saling Tolong Menolong dalam Kebaikan. “Fastabiqul Khairaat”. Amiiiin….

Barakallah…

“Jangan kau berhitung dalam memberi sedekah karena Allahpun tidak pernah berhitung dalam memberikan rezeki kepada kita” (HR. Nasa’i , Ibnu Hibban, Ahmad dan Haitsami ).

ayo bantu sharePin on PinterestDigg thisShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on RedditShare on LinkedInShare on TumblrShare on VKShare on StumbleUpon
(Visited 118 times, 1 visits today)
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply